Wednesday, October 13, 2010

Cupak Grantang berasal dari Pulau Lombok


Saat mengintip situs topengnusantara.com , saya melihat salah satu partisipan adalah Cupak and Gerantang Dance. Seingat saya, folklore Cupak Grantang berasal dari Bali. Dan menjadi salah satu yang cukup terkenal. Diceritakan bahwa Cupak dan Grantang adalah dua bersaudara dengan karakter dan penampilan yang berbeda. Cupak yang lebih tua berperut gendut, suka makan seenaknya, berambut yang acak-acakan, dan memiliki luka bakar, sedangkan Grantang adalah pria yang tampan dan sangat digandrungi wanita. Kembali ke isi situs topengnusantara.com. Dalam situs itu tertulis bahwa folktale Cupak dan Gerantang berasal dari Nusa Tenggara Barat, tepatnya Pulau Lombok. Tertulis dalam situs tersebut :

Cupak Gerantang Traditional Theatre is one of the folklore in Lombok, West Nusa Tenggara. It is very popular in the society as a light entertainment that is performed and staged in special events. The original manuscript was written on papyrus with Jejawan letters and the Sasak language. The content derived from a story that was told in a song, and then improved as a written story that was composed in a traditional theatre to be better by the public. The story artistically dramatizes a patriotic hero that is sometimes interspersed with humor. The story expands to other Lombok islands, such as Mataram, Labuh Api, Bayan, Gangga, Lenek, and other villages. Cupak Gerantang story illustrates the evil, lazy and spiteful characteristics of the Cupak, while the noble, honest, bold and handsome knight is illustrated the characteristics of Gerantang.

Artinya : 

Cupak Gerantang adalah salah satu cerita rakyat daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sangat populer sebagai hiburan rakyat dan seringkali dipentaskan dalam pentas-pentas terntentu.  Tulisan aslinya adalah dalam aksara Jejawan dan Bahasa Sasak dan ditulis di atas lontar.  Isi cerita diturunkan dari cerita asli  yang dituturkan lewat lagu yang kemudian dikembangkan untuk kepentingan pementasan ke publik dengan dramatisasi cerita yang dikombinasikan humor. Cerita ini akhirnya mulai populer di beberapa wilayah di Lombok seperti Mataram, Labuh Api, Bayan, Gangga, Lenek, dan beberapa desa lainnya Cupak Gerantang sendiri bercerita tentang Cupak dengan karakternya yang buruk seperti pemalas dan Gerantang dengan karakternya sebagai ksatrioa yang terhormat, jujur dan tampan.

Saya sedikit bingung atas apa yang tertulis dalam situs tersebut. Karena cerita Cupak Grantang yang saya tahu adalah berasal dari tanah Bali. Memang banyak kedekatan antara Bal;i dan Lombok yang memungkinkan ada banyak kesamaan dalam produk budaya keduanya, termasuk produk cerita rakyat. Mungkin ada yang bisa menjelaskan?

4 comments:

Dewa Cakrabuana said...

mungkin triple x yang nyanyi cupak gerantang bisa menjelaskan.. hehe


(btw komennya ijinkan anonymous n name/url donk, biar bisa nampang alamat blog ku juga...hehe)

mampir juga di http://DewaCakrabuana.blogspot.com

I Putu Sukma Hendrawan said...

oke oke bli arsitokra..hehe

pengobatan alternatif usus buntu said...

permisi gan ijin menyimak

Mengatasi Kerak Pada Saluran said...

sangat suka sekali info nya
saya tunggu info lain nya gan